Pada zaman sekarang teknologi telah menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan baik itu dibidang pendidikan,kesehatan dan masih banyak lagi.Salah satu teknologi yang sering dipakai pada zaman sekarang adalah komputer.

PENGERTIAN KOMPUTER

Komputer menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)  Komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dan sebagainya).Sedangkan Menurut Robert H. Blissmer,Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi

Maka dapat diambil kesimpulan bahwa Komputer merupakan alat elektronik otomatis yang dapat mengolah data,menerima instruksi dan memberikan hasil yang bermanfaat bagi penggunanya.

KOMPONEN KOMPUTER

Komponen utama dari komputer terdiri dari:

1.Hardware (perangkat keras)

Hardware merupakan perangkat komputer yang secara fisik dapat dilihat dan disentuh.Hardware ini terbagi dalam 4 bentuk;

a.Input Device

Input device merupakan perangkat yang berfungsi memasukan dan mengirimkan data atau perintah yang akan diproses oleh komputer.contoh;keyboard,mouse,scanner dan web cam.

b.Process Device

Process device atau sering dikenal CPU(Central Procecing Unit)merupakan unit proses utama dan terpenting dalam komputer yang mengendalikan keseluruhan proses pengolahan data mulai dari membaca data dan peralatan masukan.Contoh;prosesor,mainboard,dan memori

c.Output Device

Output device merupakan perangkat yang berfungsi untuk menampilkan data,intruksi,dan informasi dalam bentuk teks,grafik atau gambar.contoh;layar monitor,proyektor.

d.Storage Device

Storage device merupakan sebuah perangkat penyimpanan yang memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai jenis data dari hasil pemprosesan pada komputer.Contoh;hardisk,SSD,flashdisk.

2.Software (perangkat lunak)

Perangkat lunak adalah perangkat komputer yang secara fisik tidak dapat dilihat dan disentuh.Software terbagi dua ada sistem operasi dan program aplikasi.Sistem operasi seperti windows,linux,mac os.Kalau program aplikasi seperti google chrome,microsoft excel,microsoft word dan masih banyak lagi.

3.Brainware (pengguna/user)

Brainware merupakan orang yang mengoperasikan atau menjalankan komputer.

MACAM MACAM BENTUK KOMPUTER

Pada zaman sekarang sebetulnya banyak sekali bentuk dari komputer,namun disini saya hanya akan menjelaskan yang sering digunakan saja.

1.Komputer Desktop

komputer desktop adalah komputer yang digunakan di suatu tempat dan memiliki 3 bagian utama,yakni monitor,CPU(Motherboard,prosesor,RAM)dan input device(Mouse dan keyboard).

sumber.minitool.com

2.All In One PC

All in one PC adalah komputer desktop yang didesain secara ringkas.perangkat seperti monitor,CPU dan input device menjadi satu dalam casing komputer.

sumber.gadgetify.com

3.Laptop

Laptop merupakan komputer portable yang mana komponen utama seperti layar,keyboard,dan mouse tersusun dalam satu paket.

sumber.learnrobotics.org

4.Tablet PC

Tablet PC adalah komputer portable yang berukuran seperti buku yang bisa dibawa kemana-mana.Tablet PC ini biasanya dilengkapi teknologi touchscreen dan memiliki alat pena sebagai kontrol layar.

sumber.gizmodo.com

Tinggalkan komentar

Sedang Tren

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai